Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di platform Komship

Syarat dan ketentuan di bawah ini mengatur penggunaan layanan jasa yang ditawarkan oleh PT. Kampung Marketerindo Berdaya (Komship) terkait penyedia platform pengelola transaksi order barang dari mulai penginputan data barang, sampai dengan proses pengiriman ke pembeli. Syarat dan ketentuan ini dapat mempengaruhi hak dan kewajiban pengguna jasa Komerce dan di bawah ketentuan hukum yang berlaku.
Dengan menggunakan layanan kami, Anda dianggap telah membaca, mengerti, dan menyetujui serta terikat dan tunduk dengan segala syarat dan ketentuan yang berlaku di sini. Syarat dan ketentuan ini dapat diubah oleh kami dengan pemberitahuan terlebih dahulu.

1. DEFINISI

1.1 "Kami" : Adalah PT. Kampung Marketerindo Berdaya selaku pemilik Komerce dan pengelola platform Komship
1.2 "Pengguna" : Adalah orang yang mengakses situs atau pengguna platform Komship
1.3 "Partner" : Orang yang menggunakan jasa Komship
1.4 "Ekspedisi" : Perusahaan penyedia jasa pengiriman
1.5 "UMKM" : Bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga, atau badan usaha yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang No. 20 tahun 2008
1.6 Pebinsis online : Perusahaan atau perseorangan yang menjalankan bisnisnya melalui sistem digital atau elektronik
1.7 "COD" : Cash on Delivery. Sistem pembelian atau transaksi yang pembayarannya dilakukan setelah barang diterima oleh pembeli
1.8 "Pickup" : Penjemputan barang ke toko penjual untuk diantarkan ke kantor ekspedisi
1.9 "Data Pribadi" : Data-data pribadi Pengguna yang diberikan kepada pihak Komerce yang tidak terbatas pada meliputi nama, jenis kelamin, nomor telepon, alamat lengkap, informasi bisnis sebagaimana yang diminta dalam proses pemberdayaan Talent.

2. PENGGUNA & SYARAT PENGGUNA PLATFORM

2.1 Pengguna platform Komship merupakan individu atau badan usaha yang bergerak di bidang bisnis online baik Business-to-Business maupun Business-to-Consumer (B2C).
2.2 Pengguna platform Komship harus dapat memberikan informasi dan perusahaan dengan sebenar-benarnya.
2.3 Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak sesuai maka pihak Komerce berhak untuk mengakhiri kerjasama.
2.4 Pengguna platform Komship disebut Partner.

3. PENGGUNAAN PLATFORM

Dengan menjadi pengguna platform Komship, maka Anda dianggap telah mampu untuk memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

3.1 Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan situs Komship, sebagian atau keseluruhan konten dari situs Komship untuk keperluan pribadi. Hal ini dapat diartikan bahwa Anda hanya diperkenankan menggunakan situs, aplikasi, dan konten dari Komship untuk keperluan individu atau bisnis yang menyediakan pengelolaan transaksi barang.
3.2 Penyalahgunaan situs Komship untuk kepentingan pribadi maupun kelompok yang melanggar hukum akan ditindak sesuai dengan peraturan yang diatur dalam Undang-Undang yang berlaku di Republik Indonesia.
3.3 Pengguna jasa pengelola transaksi Komship yang terbukti menyalahgunakan kerjasama dengan Komerce untuk tindakan yang melanggar hukum akan ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3.4 Pengguna jasa dan situs Komship tidak diperkenankan untuk menggunakan situs dan/atau aplikasi untuk tindakan yang mengganggu atau melanggar hak orang lain.
3.5 Pengguna situs Komship tidak diperkenankan untuk mengubah data dan memodifikasi sebagian atau keseluruhan isi dari situs maupun aplikasi tanpa persetujuan dari pihak Komship.
3.6 Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap akses akun dashboard Komship. Komship tidak mempunyai kewajiban ganti rugi dalam bentuk apapun atas kelalaian yang menyebabkan tersebarnya akses pada akun Komship. (Bukan karena kesalahan sistem Komship)

4. Ketentuan Platform

Untuk menjaga integritas dan keandalan layanan, penarikan saldo akan mempertimbangkan dan mengevaluasi beberapa faktor Tingkat Resiko Retur Pengguna, yang meliputi:

4.1 Rasio Problem: Jika pengguna memiliki rasio masalah tinggi dalam pengiriman sebelumnya, seperti seringnya terjadi retur atau komplain, kami berhak menunda atau menolak penarikan saldo.
4.2 Nilai Ongkos Kirim Orderan yang Sedang dalam Perjalanan Retur: Penarikan saldo akan memperhitungkan ongkos kirim dari orderan yang sedang dalam proses retur. Saldo akan dikurangi sesuai dengan nilai ongkos kirim saat barang retur sampai di tempat pengirim dan perhitungan potensi retur dari orderan yang terkena problem.
4.3 Nilai Potensi Ongkos Kirim dari Orderan yang Masih Dikirim yang Menjadi Retur: Kami akan memperhitungkan potensi ongkos kirim yang harus dibayarkan dari orderan COD yang masih dalam proses pengiriman yang berpotensi berakhir dengan retur.
4.4 Penanganan dengan Tegas Pengguna yang Melakukan Orderan Palsu dan Menipu: Pengguna yang terbukti melakukan orderan palsu atau tindakan penipuan akan dikenakan tindakan tegas, seperti penundaan atau penolakan penarikan saldo hingga pelaporan kepada pihak berwenang.
4.5 Penyesuaian dengan Kondisi Lapangan: Semua kasus akan ditangani secara individual dan disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada untuk memastikan keadilan dan keamanan layanan.
4.6 Saldo tidak mencukupi: Jika minimal saldo lebih kecil dibandingkan dengan ongkos kirim secara keseluruhan, Komship berhak untuk menunda atau menolak request pencairan dana untuk melakukan pengecekan atau menunggu proses pengiriman selesai.

5. PENYALAHGUNAAN PLATFORM

5.1 Komship Berhak membekukan dan menindaklanjuti akun yang terbukti melakukan penarikan dan top-up tanpa transaksi pengiriman yang jelas. Jika terjadi penarikan, maka akan dipotong oleh biaya admin.
5.2 Komship berhak membekukan dan menindaklanjuti akun yang terbukti mencari keuntungan secara tidak wajar dengan menyalahgunakan program Komship dengan cara seperti dengan membuat akun sebanyak-banyaknya, menyelesaikan misi untuk mendapatkan reward gratis ongkir.
5.3 Pengguna wajib memberikan informasi yang akurat dan benar terkait pengiriman. Setiap kesalahan atau kelalaian dalam memberikan informasi dapat mengakibatkan penundaan atau kegagalan pengiriman yang menjadi tanggung jawab pengguna sepenuhnya.
5.4 Komship tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pengguna dalam memberikan informasi atau instruksi yang tidak tepat. Pengguna bertanggung jawab penuh atas barang yang dikirim dan segala risiko yang timbul selama proses pengiriman.
5.5 Setiap sengketa yang timbul dari penggunaan layanan Komship.id akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Jika tidak tercapai kesepakatan, sengketa akan diselesaikan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

6. KETENTUAN LAINNYA

6.1 Komship berhak untuk melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu, dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi, perubahan hukum, dan/atau kebutuhan bisnis yang wajar.
6.2 Pengguna diwajibkan untuk membaca Syarat dan Ketentuan secara berkala. Dengan terus menggunakan Platform setelah perubahan Syarat dan Ketentuan dipublikasikan, Pengguna dianggap telah menyetujui dan menerima perubahan tersebut.
6.3 Untuk pertanyaan seputar hal-hal yang tidak disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, Anda dapat bertanya melalui e-mail kami di kontak Komship atau menghubungi kami di nomor Komship.